h1

November 18, 2009

LAMPU EMERGENSI DARI UPS….

Memasuki Masa Penghujan dan Krisis energy ( Hutang PLN yang menumpuk, sehingga tidak di drop BBM oleh Pertamina) , siap-siaplah untuk Byar-Pet PLN, artinya lampu PLN sering Padam , istilah lainnya Giliran Listrik.
Bagi Siswa dan Mahasiswa yang besok akan menghadapi ulangan, ujian Mid, ujian semester pasti menghadapi kesusahan yang amat sangat . Paling-paling Keluar dan cari wilayah yang tidak kena pemadaman listrik ( untungnya kalau belajar bisa lanjut, kalau lupa malah bisa ke Mall, yang pasti nyala terus listriknya karena pake diesel, akibatnya ujian jeblok)

Seperti yang sudah penulis sebutkan, UPS berfungsi sebagai Pengganti Baterai cadangan. Ada fungsi lain lagi yang bisa di manfaatkan dari UPS. Pada umumnya UPS 600 VA , outputnya pasti terdiri dari 2 Buah, yang satu sudah dimanfaatkan untuk Laptop atau komputer Desktop. Maka yang satu bisa kita manfaatkan untuk membuat Lampu emergency.

Lampu emergency berguna untuk pengganti sesaat ( lebih kurang 15-30 Menit) lampu PLN yang mati. Lampu emergency yang di jual toko listrik bervariasi, dari harga yang paling murah 150 Ribu sampai Rp 500.000,-. Beda yang murah dan tidak adalah dari segi keawetannya dan tahan lama untuk menyala.

Masalah utama, kalau beli ( Biasanya anak kost tidak pernah kepikiran untuk beli, karena mahalnya dan mudaratnya lebih besar dari manfaatnya, daripada keluarin uang mending buat jajan he…he) adalah : perawatannya, kalau kita nggak pernah nge-Charge atau ditempelkan di listrik terus maka lampu emergency jadi rusak. pada saat di butuhkan , PLN mati , lampu emergency nyala sebentar ( nggak lebih 5 menit) lalu redup dan mati. sudah menuhin kamar (kost) malah nggak bermanfaat.

Disini, penulis akan memberikan solusi gimana membuat lampu emergency dengan memanfaatkan UPS yang ada. Disamping harganya yang murah, daya tahan menyala lampu lebih lama ( Bisa lebih dari 1 Jam ) dan pasti lebih terang dari lampu emergency paketan pabrik.

Bahan yang dibutuhkan :

1. Stecker ( Colokan) Listrik Merk Broco / Merk ini merk yang terbaik , Harganya berkisar Rp 7.500,- s.d Rp 10.000,-

2. Kabel Listrik ( panjangnya tergantung lokasi/ ambil saja yang merk Eterna : Rp 4000,-/meter)

3. Lampu Hemat Energy( ambil yang merk Bagus dan bergaransi 1 tahun). Bisa ambil yang 8 watt sebanding dengan 40 watt, atau yang 10 watt sebanding dengan 60 Watt. makin kecil watt, nyala lampu emergency makin lama. Harganya mulai dari Rp 10.000,- s/d Rp 30.000,-

4. Fitting lampu : harganya Rp 2000,-

Cara buat :

lampu dipasangkan pada Fitting dan kabel. sedangkan ujung lain, pasangkan stecker.

Kelebihan lampu yang dipasangkan di UPS : lebih terang dan lebih lama ( lebih dari 1 Jam) dan yang pasti lebih murah, nggak sampai 60 ribuan (hitung sendiri deh) . jadi kalau lampu listrik PLN padam , sudah nggak kuatir lagi.

sumber: teknologi terapan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: